Back to homepage

Sejarah Singkat

Yayasan Al Falah Al Khairiyah merupakan Yayasan Pendidikan Islam tertua di Indonesia. Yayasan ini berdiri pada tahun 1906 di suatu daerah yang masyarakatnya memiliki tradisi dan kesadaran pendidikan relatif tinggi, yaitu Bondowoso. Pada tahun 1912, Pemerintah Kolonial Belanda untuk pertama kalinya meresmikan Yayasan Pendidikan Islam di Indonesia dengan tiga bidang orientasi, yaitu bidang pendidikan, dakwah serta sosial-budaya yaitu Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso. Peresmian tersebut berangkat dari pertimbangan akan besarnya peran serta kontribusi positif yayasan tersebut dalam membentuk peradaban serta moralitas sosial masyarakat sekitar yang ideal. Kiprah Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso terus mengalami peningkatan seiring dengan kedewasaannya dalam berorganisasi dan mengabdi kepada komunitas masyarakat sekitar. Dalam perkembangannya, yayasan ini kemudian melahirkan sederetan alumni pendidikan dengan integritas serta kompetensi keilmuan, sumber daya manusia dan oralitas bangsa yang tinggi.

           Selaras dengan perkembangannya, pada tahun 2000, sekelompok alumni yayasan tersebut yang berdomisili di Jakarta di bawah naungan Ikatan Alumni Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso ber-inisiatif untuk membentuk sebuah Yayasan Pendidikan Islam yang juga bergerak di bidang pendidikan, dakwah, serta sosial-budaya sebagai upaya pengembangan dan lanjutan atas misi Yayasan Al Falah Al Khairiyah Bondowoso yang ternilai sukses dalam menorehkan kontribusinya bagi masa depan bangsa. Secara resmi -dengan menyewa gedung di kawasan Condet, Jakarta Timur- pada 25 Agustus 2000 Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta terbentuk dengan langkah awal mendirikan TK/TPA/TQA Al Falah Al Khairiyah Jakarta yang berdomisili di Jalan Batu Kinyang II Rt. 006/04 No. 100 Condet – Kramat Jati - Jakarta Timur. Berbagai tantangan yang lebih komplek dan signifikan terus mewarnai dan menerpa dinamika yayasan ini.     Kerasnya peradaban dan tantagan Ibu kota telah membawa yayasan ini menjadi sebuah yayasan yang banyak berperan dalam membentuk karakter, moralitas kebangsaan dan sosial, serta akademi pendidikan di kawasan Jakarta. Dalam bidang sosial, yayasan ini berhasil berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan sosial msyarakat Indonesia, khususnya di kawasan Jakarta Timur. Selain itu, di bidang budaya, yayasan ini telah turut berpartisipasi dalam melestarikan nilai-nilai budaya klasik bangsa yang merupakan aset berharga bangsa ini sebagai sebuah warisan nenek moyang bangsa.

           Tak lama kemudian, atas upaya dan komitmen jajaran pengurus serta berbagai elemen masyarakat dalam membina dan membangun yayasan ini, akhirnya pada tahun 2005 Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta mampu memiliki sebuah gedung yayasan beserta TK/TPA/TPQ Al Falah Al Khairiyah Jakarta yang kami nilai cukup memadai untuk meningkatkan kinerja serta pengabdian kami bagi bangsa dan masyarakat. Peningkatan kinerja seiring dengan kepemilikan atas gedung bagi eksistensi Yayasan Al Falah Al Khairiyah Jakarta secara tidak langsung telah ‘mendongkrak’ signifikan kerja jajaran pengurus dan meningkatkan kontribusi kami bagi bangsa dan masyarakat Indonesia dalam berbagai aspeknya. Sehingga kemudian eksistensi kami semakin terasa dalam tatanan sosial masyarakat Ibu kota sebagai sebuah yayasan yang berkontribusi positif signifikan dalam membangun masa depan bangsa dan masyarakat.

            Selain itu, keberadaan gedung serta kinerja pengurus yang baik telah berhasil membentuk kepercayaan serta perspektif bagi masyarakat sekitar akan eksistensi yayasan ini sehingga dalam perjalanannya yayasan ini terus mengalami peningkatan signifikan dan terus melebarkan ‘sayap’ nasionalisme dan moralitas etis bangsa di atas panji-panji nasionalisme-religius.